Cara root termux di Android access sudo 2020

Adakalanya kita membutuhkan akses root di termux disaat akan melakukan atau menjalankan script yang membutuhkan akses root.

Seperti script hack WiFi dan beberapa script termux lainnya tidak akan berjalan semestinya tanpa akses root di aplikasi termux.

Walaupun smartphone Android kita sudah di root, ada beberapa langkah untuk mendapatkan akses root di termux.

Access root termux di Android

Ada dua metode yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan akses root termux, hal ini berlaku juga untuk smartphone android yang belum di root atau sudah di root.

Termux root command ini akan memberikan akses root di Android dengan termux, berikut ini adalah tutorial command root termux di Android:

Fakeroot

Fakeroot adalah cara mendapatkan akses root di termux android pada smartphone android yang belum di root, dan tidak perlu melakukan rooting android.

Jadi dengan install fakeroot di termux, kamu sudah mendapatkan akses root di termux, dan mudah di unroot, berikut tutorialnya:

$ pkg install fakeroot

$ fakeroot

Bila tanda $ berubah menjadi # berarti kamu sudah berhasil mendapatkan akses root, untuk keluar cukup masukan perintah exit atau kill dan tekan enter.

Proot

PRoot adalah implementasi ruang-pengguna chroot, mount –bind, dan binfmt_misc. Ini berarti bahwa pengguna tidak memerlukan hak istimewa atau pengaturan untuk melakukan hal-hal seperti menggunakan direktori arbitrer sebagai sistem file root baru.

Apabila fakeroot tidak berjalan / stack unprossecing kalian bisa menggunakan Proot sebagai alternatif akses root termux di Android.

Berikut ini adalah cara instal proot di terminal termux.

$ pkg install proot$ proot -0 $(which bash)

Keterangan:

  • 0 : mengubah dan membuat identitas palsu berupa root.
  • $ (which bash): script bash untuk menemukan letak bash shell, karena secara default PRoot menggunakan shell sh bukan bash.

Cara cek root di termux

Untuk mengetahui apakah aplikasi termux kita sudah bisa menjalankan root kita bisa mengetahui akses root ini.

Bila tanda $ berubah menjadi # maka fakeroot sudah berhasil. Tetapi jika suatu masa kalian sudah mengedit .bashrc dan tidak menemukan tanda tersebut, kalian bisa memastikan fakeroot dengan command whoami.

$ whoami

Bila output berupa root maka sudah berhasil. Dan untuk keluar dari fakeroot bisa dengan command exit atau kill lalu tekan enter.

Root Termux Sudo dari GitHub

Akses root termux di android yang sudah di root, walaupun Android kamu sudah di root, untuk mendapatkan akses root di termux kamu di haruskan untuk menginstal sudo root, berikut langkahnya:

$ apt update

$ apt upgrade

$ apt install git

$ apt install tsu

$ apt install ncurses-utils

Dowbload sudo untuk root termux dari github dengan command berikut:

$ git clone https://github.com/termux-sudo

Tunggu hingga proses download selesai, dan selanjutnya masukan perintah berikut untuk menjalankan sudo root termux:

$ cd termux-sudo

$ cat sudo > /data/data/com.termux/files/usr/bin/sudo

$ chmod 700 /data/data/com.termux/files/usr/bin/sudo

sudo su

sudo tsu

Termux sudah bisa mengakses root di android, tutorial di atas menjelaskan bagaimana cara untuk mendapatkan akses root di termux baik atau tanpa root terlebih dahulu.

Itulah cara mendapatkan akses root android dengan termux, semoga bermanfaat terimakasih.

Cara root termux di Android access sudo 2020

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas